Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3 No 2 (2020): Communication in the Times of Covid-19

Framing Media Online CNNIndonesia.com dan Detik.com Mengenai Kebijakan Transisi di DKI Jakarta

Umi Nurul Fadilah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Ahmad Murtafi Haris (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Zainal Abidin Achmad (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Pada masa pandemi Corona berbagai media banyak menyorot isu tentang pandemi ini, terutama menyoroti pada kebijakan pemerintah daerah dalam penanganan COVID–19. Setiap media mempunyai bentuk dan gaya penulisan yang berbeda dalam membingkai sebuah berita, bingkai pemberitaan dapat mempengaruhi cara pandang dan pola pikir pembacanya. Kebanyakan media di Indonesia menyoroti kebijakan daerah dari gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena berdasarkan daerah DKI Jakarta merupakan daerah dengan tingkat tertinggi yang terinfeksi virus Corona, maka dari itu banyak media yang menyoroti kebijakan dari gubernur Anies Baswedan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang bagaimana cara media membingkai sebuah berita sehingga pembaca bisa mengikuti pemikiran dari media tersebut, dengan fokus pemberitaan media online detik.com dan cnnindonesia.com sebagai sampel yang memuat berita kebijakan transisi pemerintah provinsi DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model analisis framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan model framing ini menggunakan empat struktur yaitu Sintaksis, Skrip, Tematik, dan Retoris. Hasil dari penelitian ini memberi kesimpulan bahwa media detik.com mengkontruksi pemberitaan Anies Baswedan dengan netral, sedangkan media cnnindonesia.com mengkonstruksi pemberitaan Anies Baswedan dengan cenderung berpihak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi encompasses scholarship on communication and media studies. It disseminates the latest research, development, critical thinking and knowledge contribution on communication process and how it entangles with the development with media, particularly social media advancement. This ...