Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2021): Juli

E-Modul Interaktif Perbankan Syariah Sebagai Bahan Ajar Alternatif dalam Menunjang Perkuliahan Daring Mahasiswa

Retnosari, Dyah Silvian (Unknown)
Hakim, Luqman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 merubah sistem perkuliahan secara tatap muka menjadi daring. Sebagian besar mahasiswa tidak memiliki buku ataupun e-modul yang menunjang perkuliahan daring. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan e-modul interaktif perbankan syariah sebagai bahan ajar alternative dalam menunjang perkuliahan daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang diawali dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dengan tujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan dan tanggapan mahasiswa terhadap e-modul interaktif Perbankan Syariah. Hasil penilaian validasi ahli, materi, grafis, dan bahasa didapatkan persentase rerata sebesar 85,5% dengan interpretasi sangat layak untuk digunakan. Rincian aspek yaitu uji ahli materi mencapai hasil 83,96 % berada pada kategori sangat layak. Uji ahli grafis mendapatkan hasil 81,11 % dalam kategori sangat layak. Uji ahli bahasa memperoleh hasil 91,43 dalam kategori sangat layak. uji coba secara terbatas kepada 20 mahasiswa mendapatkan 96,84% menunjukkan interpretasi sangat layak untuk digunakan. Hasil ini menunjukkan bahwa produk e-modul interaktif yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Hasil Hasil uji coba terbatas menghasilkan tanggapan yang sangat baik dan menunjukkan bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam proses perkuliahan daring Perbankan Syariah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...