Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 2, No 1 (2020): Second Prosiding Conference on Research and Community Services

THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL TO ENTREPRENEURIAL SPRIRIT OF ECONOMIC EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS AT STKIP PGRI JOMBANG

Dinaloni, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Pendidikan kewirausahaan, khususnya di Perguruan Tinggi masih banyak diperbincangkan. Hal ini disebabkan karena: (1) adanya ketidakseimbangan antara materi teori dan praktik; (2) dosen belum menyadari pentingnya praktik kewirausahaan; (3) mahasiswa belum mampu menciptakan ide dan melirik peluang usaha yang ada di lingkungannya dikarenakan kurangnya pemahaman tentang praktik kewirausahaaan; dan (4) proses pembelajaran kewirausahaan belum memanfaatkan peran stakeholder secara maksimal. Perguruan Tinggi mempunyai tiga peran dalam pendidikan kewirausahaan, yaitu sebagai fasilitator budaya kewirausahaan, mediator keterampilan, dan lokomotif pengembangan bisnis regional, sehingga hakekat tujuan pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi bukan sekedar mencetak pencari kerja, tetapi juga sebagai pencipta lapangan kerja. Berdasarkan peran Perguruan Tinggi tersebut, upaya yang dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan inovasi model pembelajaran yang tepat, yang tentu saja diharapkan bisa meningkatkan semangat berwirausaha mahasiswa. Pembelajaran yang dirasa bisa meningkatkan semangat berwirausaha mahasiswa adalah model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap semangat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sampel adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang angkatan 2017 yang berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan instrumen kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, analisis regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap semangat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang, dibuktikan dengan nilai signifikansi dari thitung lebih kecil dari 0,05 atau 0,032 < 0,05. Koefisien determinasi ((R2) sebesar 0,133. Hasil penelitian ini sangat penting karena semangat berwirausaha memainkan peranan penting dalam dunia bisnis dan ekonomi, mengingat mahasiswa sebagai kaum intelek di masa depan perlu ditantang untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan cara dan ide yang kreatif. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...