Jurnal Adat dan Budaya Indonesia
Vol 1, No 1 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBASIS NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS

Candra Dewi, Ni Made Selviyana (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ada di Sekolah Dasar, berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumen yang dilakukan ditemukan bahwa partisipasi siswa dan daya tangkap siswa kurang dalam proses pembelajaran  sehingga mengakibatkan rendahnya nilai kompetensi pengetahuan yang dimiliki siswa serta kurangnya adaptasi dan interaksi dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan sikap sosial siswa dengan lingkungan sekitar masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 215 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik group random sampling yaitu SD Negeri 1 Pancasari sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan SD Negeri 3 Pancasari sebagai kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode non tes dan tes dengan instrumen lembar kuesioner untuk mengukur sikap sosial dan tes objektif untuk mengukur kompetensi pengetahuan IPS. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Diketahui dari hasil analisis uji Manova diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya, model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019.Kata Kunci:  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JABI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal ini memuat hasil penelitian dan pemikiran tentang adat istiadat dan budaya. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang adat dan kajian ...