Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 2 (2020)

PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI BUAJANGKA

Nurlaela, Nurlaela (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)
Ashari, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalaui penerapan model Inquiry Learning  pada materi satuan jarak dan kecepatan kelas V SD Negeri Buajangka. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Buajangka siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 5 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif melalui lembar observasi  dan data kuantitatif melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal > 70. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh, Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 6 orang atau 46,15% dan persentase tidak tuntas sebesar 7 orang atau 53,85% dengan nilai rata-rata 50,00. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 11 orang atau 84,62% sedangkan persentase tidak tuntas sebesar 2 orang atau 15,38% dengan nilai rata-rata siswa 83,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi satuan jarak dan kecepatan Kelas V SD Negeri Buajangka.Kata Kunci: Model Inquiry Learning; kemampuan pemecahan masalah matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...