Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 2 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 13 KATOBU

Sari, Dian Puspita (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)
Kaimuddin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta kemampuan pemecahan masalah matematika siswa  pada materi FPB dan KPK kelas IV SD Negeri 13 Katobu. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Katobu, siswa laki-laki 12 orang dan siswa perempuan 5 orang. Jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu data kualitatif dikumpulkan melalui teknik observasi dan data kuantitatif berupa hasil pekerjaan siswa. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh, Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 64,71% dan persentase tidak tuntas sebesar 35,29% dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 82,35% sedangkan persentase tidak tuntas sebesar 17,65% dengan nilai rata-rata siswa 76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi FPB dan KPK Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13  Katobu.Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...