Tangible Journal
Vol 6 No 1 (2021): -

Determinan Kesiapan Kerja Siswa AKL Kelas XII SMKN 2 Madiun

Ayu Andini (FKIP Universitas PGRI Madiun)
Supri Wahyudi Utomo (FKIP Universitas PGRI Madiun)
Nur Wahyuning Sulistyowati (FKIP Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga, efikasi diri dan minat kerja siswa terhadap kesiapan kerja siswa AKL kelas XII SMK Negeri 2 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMK Negeri 2 Madiun pada bulan Mei 2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 122 siswa AKL kelas XII dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa, kesiapan kerja dipengaruhi oleh prakerin, lingkungan keluarga, efikasi diri, dan minat kerja. Karena faktor-faktor tersebut mendukung kesiapan mental dari siswa AKL untuk siap memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah. Fakta yang terdapat dilapangan menyatakan bahwa siswa beranggapan bersekolah di SMK akan memudahkannya untuk bekerja karena di SMK siswa melakukan pembelajaran secara teori serta penerapannya ketika prakerin yang nantinya dapat dijadikan sebuah pengalaman bagi siswa untuk bekerja dikemudian hari dengan mendapatkan dukungan dari orang tua akan menumbuhkan kepercayaan diri siswa akan kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai sebuah sesuatu yang diminatinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Neuroscience Other

Description

The editorial team of the Tangible journal received a manuscript in the field of accounting science with the theme: a. Financial Accounting, b. Management accounting, c. Sustainability accounting d. Public sector accounting, e. Accounting information system, f. Auditing, g. Cultural Accounting h. ...