Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat anak belajar mata pelajaran PAK siswa kelas X IPA 4 di SMA 16 Palmerah, Jakarta Barat melalui strategi pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan di SMA 16 Palmerah, Jakarta Barat dengan subjek yang diteliti adalah siswa kelas X IPA 4. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus pembelajaran dilakukan dengan menerapkan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual disertai dengan lembar pengamatan minat belajar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan minat anak belajar mata pelajaran PAK siswa kelas X IPA 4 SMA 16 Palmerah, Jakarta Barat. Terbukti persentase minat belajar anak meningkat dari kondisi awal sebesar 0% meningkat menjadi 63% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II.
Copyrights © 2019