Jambura Journal of Mathematics Education
Vol 2, No 1: Maret 2021

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan

Kartin Usman (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Hamzah B Uno (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Franky A Oroh (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Raviani Mokolinug (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi pola bilangan. Penelitan dilaksanakan di SMPN 2 Suwawa pada Tahun Ajaran 2020/2021 denga subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.  Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara, tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sementara wawancara digunakan untuk melengkapi dan memperkuat informasi tambahan yan diperlukan. Kemampuan berpikir kritis diukur dengan 4 indikator, yaitu: 1. Memberikan penjelasan sederhana, 2. Membangun keterampilan dasar, 3. Menyimpulkan, 4. Mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Suwawa termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 53,35%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmathedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu) is a peer-reviewed journal published by the Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo. This journal is available online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JMathEdu is a national journal ...