Jambura Journal of Mathematics Education
Vol 2, No 1: Maret 2021

Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19

Evi Hulukati (Universitas Negeri Gorontalo)
Novianita Achmad (Universitas Negeri Gorontalo)
Muhammad Afdal Bau (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan  media e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi (Covid-19). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas IX SMP N 4 Kota Gorontalo yang berjumlah 217 peserta didik. Sampel dalam penelitian sebanyak 22 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari lembar pengamatan guru dan peserta didik terkait penggunaan media e-learning ( Zoom, Whatsapp, Google Classroom), tes hasil belajar angket respon peserta didik  serta wawancara guru dan peserta didik tentang penggunaan media  e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media e-learning dalam pembelajaran matematika di masa pandemi berada pada kategori kurang baik  yang ditunjukan dengan Kegiatan Guru memperoleh rata-rata presentase 54,4%, kegiatan Peserta didik memperoleh rata-rata 60%, respon peserta didik memperoleh rata-rata 73,6%, dan tes hasil belajar presentase peserta didik yang tuntas adalah 45.4% dan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 54,5%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmathedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu) is a peer-reviewed journal published by the Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo. This journal is available online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JMathEdu is a national journal ...