Jambura Journal of Mathematics Education
Vol 2, No 1: Maret 2021

Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan Kuadrat

Siti Zakiyah (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Kartin Usman (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Adelia Pratiwi Gobel (Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat melalui pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Gorontalo dengan metode deskriptif yang melibatkan 21 orang siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah dengan melibatkan 4 indikator, yaitu : (1) memahami masalah, (2) membuat strategi, (3) melaksanakan strategi dan (4) menginterpretasikan hasil. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk persentase kemudian dikategorikan berdasarkan kriteria penilaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa termasuk dalam kategori rendah yang ditunjukkan dengan persentase skor yang dicapai oleh siswa adalah sebesar 60,89%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmathedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu) is a peer-reviewed journal published by the Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo. This journal is available online and highly respects the publication ethic and avoids any type of plagiarism. JMathEdu is a national journal ...