Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2020 - Mei 2021)

BERPIKIR KESISTEMAN: KONSEPSI AL-QURAN DAN HADIS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Alamsyah (Dr. Student Program at UIN STS Jambi)
Kemas Imron Rosadi (Lecturer at Universitas UIN STS Jambi)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2021

Abstract

Dalam kajian ini penulis mencoba mengangkat permasalahan yang mempengaruhi mutu pendidikan pada lembaga pendidikan islam yaitu pondok pesantren PKP Al-Hidayah. Penulis mencoba mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian bersifat kualitatif. Data yang di dapatkan melalui observasi, interview dan bersifat deskriptif analitis. Yaitu memaparkan permasalahan secara apa adanya berdasarkan pada sumber-sumber rujukan otoritatif dalam bidang pendidikan, sesuai teori yang di teliti. Dan hasil menujukan bahwa adanya gambaran mengenai usaha pondok pesantren PKP Al-Hidayah meningkatkan mutu pendidikan Islam. Pihak pondok sudah ada komitmen mutu meskipun sangat tergantung siapa yang memimpin akibatnya perbaikan tidak terus menerus dilakukan, masih sering terjadi kesalahan atau tidak tercapainya zero defect dan perbaikan yang belum terukur

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...