Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2020 - Mei 2021)

PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, BIMBINGAN BELAJAR DAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA FERDY FERRY PUTRA JAMBI TAHUN AJARAN 2020/2021

Khairinal Khairinal (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Siti Syuhada (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Winda Widiarti Alawyah (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terkait hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Terdapat tiga variabel yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Ferdy Ferry Putra Jambi yaitu, pendapatan orang tua, bimbingan belajar dan tingkat konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara bersama-sama antara pendapatan orang tua, bimbingan belajar dan tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui pendapatan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi, dan untuk mengetahui pengaruh tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk menganalisis data kuantitatif ini menggunakan model penelitian berupa ex- post facto. Analsis data menggunakan uji regresi linier berganda berbentukan program SPSS versi 23.0 for windows. Model regresi pada penelitian ini adalah: Y =78,945 + 0,210.X1 + 0,025.X2 + 0,555.X3 + e . Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara pendapatan orang tua, bimbingan belajar dan tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,155. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan orang tua terhadap hasil belajar sebesar 0,303. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,004. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,648.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...