Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2020 - Mei 2021)

PENGARUH KOMUNIKASI GURU, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA SMA NEGERI 14 KABUPATEN MUARO JAMBI

Irin Javentdo (Alumni Program Studi Magister Pendidikan Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Khairinal Khairinal (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Rosmiati Rosmiati (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan Nasional dan merupakan bagian integral dalam upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia secara menyeluruh. Tujuan Penelitian: 1)Untuk menganalisis pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara parsial; 2)Untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara parsial; 3)Untuk menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara parsial; dan 4)Untuk menganalisis pengaruh komunikasi guru, lingkungan sekolah, dan budaya sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara simultan. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan regresi linear yang bantu menggunakan alat SPSS 21.0. for windows, yang dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis melalui uji t (parsial), dan uji F (simultan). Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) komunikasi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 2) lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 3) budaya sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar; dan 4) komunikasi guru,lingkungan sekolah, dan budaya sekolah secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini menjelaskan bahwa jika guru dan sekolah mampu mengimplementasikan komunikasi yang efektif, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, serta dapat membentuk budaya sekolah yang baik, maka secara bersama-sama akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa disekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...