Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 2, No 1 (2021)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

Rosdiana Saragih (Unknown)
Dian Novianti Sitompul (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tindakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X OTKP (Otomatisasi dan Komputerisasi Perkantoran) SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 1 dengan sampel berjumlah 45 orang siswa, dimana jumlah siswa dalam populasi secara keseluruhan menjadi sampel penelitian (Convenience Sampling). Instrumen yang digunakan yaitu Lembar Observasi dan Lembar Evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan komperatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Keaktifan peserta didik mengalami peningkatan, pada pra tindakan kelas keaktifan hanya 39%, pada siklus I keaktifan meningkat menjadi 72,39%, dan pada siklus II keaktifan meningkat lagi menjadi 82,36%. (2) Rata-rata hasil tes evaluasi belajar siklus I yaitu 82 dengan ketuntasan klasikal 79%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83 dengan ketuntasan klasikal 86%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...