Salah satu program yang tercantum dalam kurikulum SMP Negeri 3 Sibolga adalah mutu pembelajaran harus dapat dilaksanakan dalam berbagai mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi pembelajaran di kelas, sehingga siswa senang dan termotivasi untuk belajar. Siswa betah ketika dilingkungan sekolah dan tidak merasa pembelajaran membosankan dan ingin cepat pulang. Tetapi kenyataannya, guru sering menjumpai beberapa kendala yang dapat menghambat kemajuan belajar jika hambatan itu tidak diselesaikan. Pengalaman penulis mengajar di kelas VIII sering menemukan hambatan-hambatan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelititan tindakan kelas ini adalah Untuk perbaikan kinerja guru dalam proses pembelajaran, peningkatkan hasil belajar matematika materi Lingkaran di kelas VIII.B di SMP Negeri 3 Sibolga semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui dampak dari model pembelajaran Penemuan (Discovery) dalam pembelajaran di kelas VIII.B SMP Negeri 3 Sibolga semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Model Penelitian yang digunakan dalam PTK ini adalah model Kemmit dan Taggart (1988). Menurut mereka dalam PTK terdiri dari tahap-tahap yakni perencanaan, melakukan tindakan, observasi dan evaluasi. Refleksi dalam tahap siklus dan akan berulang kembali pada siklus-siklus berikutnya
Copyrights © 2021