Journal FAME (Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services
Vol 3, No 2 (2020): JOURNAL FAME Journal Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Indu

PENGARUH MOTIVASI DAN LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN NUSANTARA KE MUSEUM SUMPAH PEMUDA

Sherly Meiliana (Program Studi Hospitality dan Pariwisata,)
Yudhiet Fajar Dewantara (Program Studi Hospitality dan Pariwisata,)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Kunjungan wisatawan yang setiap tahun meningkat secara signfikan dan ulasan positif yang diberikan wisatawan terhadap Museum Sumpah Pemuda, terutama untuk motivasi dan layanan terhadap museum, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor motivasi dan layanan memang mempunyai pengaruh dan bagaimanakah pengaruh tersebut terhadap keputusan berkunjung wisatawan nusantara ke Museum Sumpah Pemuda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan analisis statistik regresi linear berganda, penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan pendekatan simple random sampling dengan kriteria sampel wisatawan nusantara yang sudah pernah berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan kuesioner melalui Google Form. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengujian validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda (uji-t dan uji F) dan determinasi. Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS Statistic versi 22. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Motivasi dan Layanan mempunyai hubungan yang positif terhadap Keputusan Berkunjung, hasil uji-t menunjukkan bahwa Motivasi dan Layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung dan hasil uji F menunujukkan bahwa Motivasi dan Layanan mempunyai berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Berkunjung, dimana hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa Motivasi dan Layanan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung sebesar 66,9%. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa motivasi dan layanan dapat mempengaruhi keputusan berkunjung

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journal-fame

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The purpose of this journal is to collect various kinds of articles from various fields, especially with topics in Food and Beverage, Product and Services, Accommodation Industry, Entertainment ...