G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19

Adhiman, Fauzan (Unknown)
Mugiarso, Heru (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Coronavirus menjadi momok yang menakutkan bagi semua kalangan menjadikan semua aspek kehidupan menjadi berbeda dari sebelumnya. Fenomena ini menuntut semua aktifitas manusia untuk mampu beradaptasi terkhusus dalam ranah pendidikan untuk melanjutkan kegiatan pembelajarannya. Dalam kajian yang dilakukan Nurkholis (2020) menjelaskan dampak dari kondisi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 bahwa dampak psikologis yang terjadi seperti kecemasan atau ketakutan yang berlebihan sehingga mengalami perasaan tertekan, stress dan cemas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubunya penyesuaian diri terhadap resiliesni akademik pada siswa dalam menghadapi pembelajraan saat masa pandemi covid-19. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional. Penelitian ini memiliki populasi 767 dalam rinciannya peneliti mengambil seluruh siswa SMA Institut Indonesia yang terdiri dari kelas X, XI, XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampelnya yaitu sebanyak 238 responden. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara penyesuaian diri terhadap resiliensi akademik didapatkan hasil yaitu nilai r sebesar 0,634 dengan p = 0,000 (p < 0,05), hasil ini mengartikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara. penyesuaian diri terhadap resiliensi akademik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...