G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISORO II

Komarudin, Encep (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi kepribadian dan sosial mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa. Populasi sejumlah 85 siswa SD Muhammadiyah Kadisoro II, diambil  sebagai sampel 13 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis I menunjukkan nilai t hitung  > t table (3,472) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05), bahwa variable bebas kompetensi kepribadian (X1) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan nilai thitung  > ttable (6,557) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05). maka Ho ditolak, bahwa variable bebas kompetensi sosial  ( X2 ) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 3 diketahui bahwa  Ftabel 4,10. Karena nilai Fhitung 75,880 lebih > dari Ftable (7,5880) > (4,10), bahwa variable X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terkait Y.Kata kunci: kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, motivasi belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...