G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELAUI SUPERVISI AKADEMIK DI MTs NEGERI 5 DEMAK

Kamsan, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru-guru dalam menyusun RPP yang memuat pembelajaran kooperatif dan penerapannya melalui supervisi akademi yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan madrasah (PTM). Subyek penelitian ini adalah guru-guru MTs Negeri 5 Demak berjumlah  43 orang. Teknik pengumpulan data melalui dokumen kegiatan pembelajaran dan observasi (pengamatan) pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru dalam menyusun RPP yang memuat langkah-langkah pengelolaan pembelajaran kooperatif kategori baik atau baik sekali meningkat dari siklus 1 sebesar 30,20% menjadi 81,25% pada siklus 2, demikian juga ada peningkatan kompetensi guru menerapkan pengelolaan pembelajaran kooperatif dari siklus 1 sebesar 65,12% menjadi 86,05%.Kata Kunci : supervisi akademi, kompetensi guru, pembelajaran kooperatif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...