JURNAL BIOSHELL
Vol 9 No 2 (2020): Oktober

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning Dan Aplikasi Google Classroom Di SMP PGRI Mumbulsari

Muhammad Samsul (Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember)
Diah Sudiarti (Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember)
Umi Nurjanah (Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2020

Abstract

Pendidikan Indonesia semakin berkembang, bentuk perkembangan teknologi informasi ditetapkan di dunia pendidikan metode blended learning, blended learning dan google classroom merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memadukan antara kegiatan pembelaaran tatap muka dengan pembelajaran online menggunakan google classroom. Data hasil belajar siswa yang diproleh dari observasi yang dilakukan di kelas VIII SMP PGRI Mumbulsari diproleh data presentase ketuntasan pra siklus 31% siswa masih belum tuntas artinya nilai masih dibawah (KKM=70). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi struktur dan fungsi tumbuhan menggunakan metode blended learning dan google classroom. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian, persentase ketuntasan siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 86%. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa peningkatan dengan penerapan metode blended learning dan google classroom materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di SMP PGRI Mumbulsari. Kata Kunci : Hasil belajar, blended learning dan google classroom.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...