JURNAL BIOSHELL
Vol 10 No 1 (2021): April

Penerapan Media Peta Jelajah Taman Botani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MA Ma’arif Ambulu pada Materi Spermatophyta

Windayanti, Heny (Unknown)
Hasbiyati, Haning (Unknown)
Sudiarti, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2021

Abstract

Media dalam dunia pendidikan digunakan sebagai alat dan bahan dalam kegiatan pembelajaran untuk memberikan informasi dari guru  ke siswa. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh data hasil belajar siswa masih rendah yaitu sekitar 40 % masih di bawah KKM. Jenis penelitian ini adalah PTK. Analisis data menggunakan pendekatan kuatitatif, sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari tes objektif dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Media Peta Jelajah Taman Botani. Dengan subjek penelitian berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh hasil rata-rata nilai kognitif siswa 87,6 meningkat menjadi 95,9 pada siklus II. Sedangkan hasil nilai ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 96,5% meningkat menjadi 100%  pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa pembelajaran melalui penerapan media Peta Jelajah Taman Botani sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Peta Jelajah, Taman Botani.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...