Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa berdasarkan jenis kelamin di kelas VIII MTS Al-Khairiyah Pakuncen Kecamatan Bojonegera Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Al-Khairiyah Pakuncen Kecamatan Bojonegera Kabupaten Serang. Sampel yang digunakan hanya dua siswa kelas VIII yaitu siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B yang berjumlah 50 siswa. Kemudian 50 siswa dikelompokkan menjadi 2 kelompok berdasarkan jenis kelamin yaitu 27 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket kemandirian belajar siswa. Satu-satunya teknik analisis data yang digunakan adalah mann-withney U-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa pada incator memilih, menentukan strategi pembelajaran dengan sig = 0,0082 sig
TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika menerbitkan artikel ilmiah terkait penelitian bidang pengajaran dan pendidikan matematika. Pengajaran matematika mencakup penelitian tentang perencanaan, desain, proses dan evaluasi pembelajaran matematika baik di tingkatan sekolah dasar, ...