BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol 2 No 2 (2020)

Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi

Waris Waris (IKIP PGRI Jember)
Elok Maratus Sholeha (IKIP PGRI Jember)
Fatimatuz Zuhro (IKIP PGRI Jember)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model belajar Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki subyek penelitian siswa kelas VII-D SMP Negeri I Arjasa Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Penelitian ini berakhir dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi model belajar Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus ke-1 sebesar 51,72 %, dan meningkat menjadi 86% pada siklus ke-2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi yang memiliki E-ISSN 2620-3529 dan P-ISSN 2620-3510 yang diterbitkan oleh IKIP PGRI Jember, Indonesia. BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi diterbitkan sebagai salah satu upaya untuk mempublikasikan hasil penelitian terkait pendidikan Biologi. BIO-CONS, ...