TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2019): TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PUZZLE DI TAMAN KANAK-KANAK

Dwi Angraeni (Universitas Negeri Makassar)
Bonita Mahmud (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu anak belum dapat mengenal angka pada anak kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar yang dapat diatasi pada standar dengan permainan puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif dalam mengenal angka melalui media puzzle pada anak kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal angka melalui media puzzle. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada pertemuan II siklus I hanya mencapai 40% maka masih dalam kategori kurang, pertemuan II siklus II mencapai 80% maka meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar anak didik pada pertemuan II siklus I hanya mencapai 38% maka masih dalam kategori cukup, pertemuan II siklus II sudah mencapai 84% maka meningkat menjadi kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan mengenal angka  Melalui Media Puzzle di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar Meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang memuat tentang hasil pemikiran dan penelitian terkait pendidikan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyediakan forum akademis bagi para ahli, peneliti dan praktisi pendidikan terkait dengan ...