Burnout adalah kelelahan emosi yang seringkali dialami oleh individu yang bekerja di bidang pelayanan seperti kesehatan, pendidikan, dan pelayanan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap burnout pada guru sekolah dasar yang menerapkan fullday school. Rancangan penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 87 guru sekolah dasar fullday yang diambil melalui teknik quota sampling. Ada tiga instrumen yang digunakan yaitu maslach burnout intentory (MBI), emotional intelligence questionnarire (EI), dan multidimensional scale of perceived social support (MSPSS). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap burnout. Selanjutnya, kajian kualitatif akan dapat menggali lebih dalam apa saja bentuk dukungan sosial yang dimiliki para guru dan upaya yang dilakukan dalam mengasah kecerdasan emosi mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021