Nathiqiyyah : Jurnal Psikologi Islam
Vol 4 No 1 (2021): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam

Burnout Pada Guru Sekolah Dasar Fullday : Menguji Peranan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial

Lufiana Harnany (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Firman Widya Putra (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Burnout adalah kelelahan emosi yang seringkali dialami oleh individu yang bekerja di bidang pelayanan seperti kesehatan, pendidikan, dan pelayanan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap burnout pada guru sekolah dasar yang menerapkan fullday school. Rancangan penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 87 guru sekolah dasar fullday yang diambil melalui teknik quota sampling. Ada tiga instrumen yang digunakan yaitu maslach burnout intentory (MBI), emotional intelligence questionnarire (EI), dan multidimensional scale of perceived social support (MSPSS). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap burnout. Selanjutnya, kajian kualitatif akan dapat menggali lebih dalam apa saja bentuk dukungan sosial yang dimiliki para guru dan upaya yang dilakukan dalam mengasah kecerdasan emosi mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Nathiqiyyah

Publisher

Subject

Religion Humanities Physics Public Health Social Sciences

Description

Nathiqiyyah Psikologi Islam STAI Diniyah and is managed directly by the Islamic Psychology Study Program, which is published twice a year in June and December. Nathiqiyyah contains articles, thought content, research results, thought results and empirical studies in the field of psychology and ...