Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2021): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD

Ma'ruf, Fathir (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Pengembangan adalah kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertujuan memanfaatkan kaidah dan teori ilmu pengetahuan yang telah terbukti kebenarannyauntuk meningkatkan fungsi, manfaat, dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada atau menghasilkan teknologi baru. Game Edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan untuk memberikan pengajaran, menambah pengetahuan penggunanya melalui suatu media unik dan menarik. Jenis ini biasanya ditujukan untuk anak- anak, maka permainan warna sangat diperlukan disini bukan tingkat kesulitan yang dipentingkan. Model pengembangan penelitian ini menggunakan ADDIE. Model ADDIE merupakan salah satu model desain pembelajaran sistematik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kusieoner (angket). Instumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar angket, lembar angket meliputi lembar validasi (ahli media), lembar validasi (ahli materi) dan. Berdasarkan hasil penelitian, validitas media 78% validitasi ahli materi 94%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengembangan Game Edukasi berbasis flash sebagai sarana berlajar siswa PAUD layak digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...