Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2021): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Belajar IPS Siswa SMK

Husnul Khatimah (Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2021

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Dompu tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 197 siswa yang terdiri dari 6 kelas, karena populasi adalah keseluruhan siswa kelas X SMK Negeri 2 Dompu Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 197 orang siswa, dan sample pada kelas X TAV1 SMK Negeri 2 Dompu yang berjumlah 33 orang siswa. pengambilan sampel secara (porposive sampling), dan analisis data menggunakan: Analisis Regresi Linear sederhana, Analisis koofesien korelasi, Analisis koofesien Determinasi, dan Pengujian hipotesis penelitian ( uji T), dengan hasil penelitian menunjukan bahwa thitung 0,996 lebih kecil dari ttabel 1,684 (0,996 <1,684) pada derajat kebebasan (dk) dari 33dengan taraf nyata 5%, berarti hipotesis (Ha) ditolak dan hipotesis (Ho) diterima, Berdasarkan uraian di atas maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini DITOLAK artinya tidak ada Pengaruh “Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Belajar IPS SMK Negeri 2 Dompu tahun pembelajaran 2016/2017”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...