Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2021): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management

Ilyas Yasin (Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Ditengah kompetisi global yang kian ketat upaya peningkatan mutu pendidikan Indonesia menghadapi tantangan cukup berat. Tantangan dimaksud tidak hanya menyangkut aspek pendanaan dan sarana prasarana tapi juga hambatan budaya. Hambatan terakhir ini terutama berhubungan dengan sikap mental, budaya dan seperangkat system nilai yang dianut dan dimiliki masyarakat khususnya para pelaku pendidikan. Akibatnya, meski pemerintah sudah berupaya mengeluarkan sejumlah kebijakan yang propendidikan namun seringkali tidak menunjukkan korelasi positif dengan meningkatnya mutu pendidikan sebagaimana dalam kasus sertifikasi guru. Oleh karena itu, tulisan ini mencoba menawarkan perlunya pendekatan baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yakni pendekatan Total Quality Management (TQM). Pendekatan ini diharapkan mampu mengatasi sebagian kendala kultural peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...