Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2021): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Mulya Yusnarti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Yapis Dompu)
Lili Suryaningsih (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah “apakah model pembelajaran Role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa?. Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk ini menggunakan dua kelompok, satu kelompok diberikan perlakuan, sedangkan kelompok lain tidak diberikan perlakuan. Kelompok yang diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Role playing, dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan yaitu kelas kontrol dengan pembelajaran konvesional. Adapun fokus penyajian dalam penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Role playing pada kelas IV C, (2) metode ceramah pada kelas IV B, (3) pre-test dan post-test, (4) semester genap, (5). mengindentifikasi bermain peran. Data tersebut dianalisis dengan mengunakan metode statistik yaitu dengan perhitungan t-tes dapat melihat pengaruh model pembelajaran Role playing dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peryataan tersebut ditandai dengan nilai thiting> tabel atau 10,181>1,677. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Role playing terhadap hasil belajar siswa di kelas IV-C (eksperimen) dan kelas IV-B (kelas kontrol) di SD Negeri 1 Dompu tahun pembelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...