Community Empowerment
Vol 6 No 3 (2021)

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi)

Istiqomah, Istiqomah (Unknown)
Agustito, Denik (Unknown)
Sulistyowati, Fitria (Unknown)
Yuliani, Rika (Unknown)
Irsyad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Media pembelajaran adalah sarana pendidikan sebagai pembawa informasi dan merangsang peserta didik untuk mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru sebagai pendidik tentunya harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah Sparkol Videoscribe. Permasalahan di SMA Taman Madya Jetis adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran, sedangkan pada era revolusi industri 4.0 teknologi merupakan pusat perindustrian. Oleh karena itu, tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan sekaligus praktik tentang pengembangan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan kemampuan 3N “niteni, nirokke, nambahi”. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini adalah: (1) peserta memahami bagaimana menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe; (2) peserta mampu membuat media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe; dan (3) peserta mampu mengaplikasikan media pembelajaran yang telah dibuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ce

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Community empowerment is a medium for academicians, government, private companies, and social institutions to communicate community empowerment activities. Each published article is expected to provide new insights and inspire activities elsewhere on related ...