Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 2, No 1 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE

Zainal Azis (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Suvriadi Panggabean (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Hari Sumardi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Realistic Mathematics Education efekif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pahae JaeĀ  Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan metode pre- test dan post-test dengan mengambil sampel yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen pada kelas VII-1 yang berjumlah 25 siswa dan kelompok kontrol pada kelas VII-3 yang berjumlah 25 siswa. kelompok eksperimen diberikan perilaku dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education pada setiap pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan pembelajaran dengan metode ekspositori. Kedua kelompok diberikan tes berupa soal. Dari hasil pre-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 39,2 dan kelas kontrol 37,6. Sedangkan dari hasil post-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,2 dan kelas kontrol 61,4. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Pada hasil uji normalitas menunjukkan data pre-test kelas kontrol diperoleh nilai Lo(0,153) < Ltabel(0,172) dan post-test diperoleh Lo(0,171) < Ltabel(0,172) dan data pre-test kelas eksperimen Lo(0,164) < Ltabel(0,172) dan post-test Lo(0,110) < Ltabel(0,172) menunjukkan data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh nilai pre- test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka hasil nilai pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,03) < Ftabel(1,98) dan hasil uji homogenitas post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,20) < Ftabel(1,98). Disimpulkan bahwa pre-test dan post-test terhadap hasil belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen homogen menggunakan model Realistic Mathematics Education lebih efektif dibandingan kegiatan pembelajaran menggunakan model Ekspositori pada siswa SMP Negeri 1 Pahae Jae T.P 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...