Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri 008 Kecamatan Nongsa Kota Batam Tahun Pelajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 008 Nongsa. Dalam pengumpulan data , metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pendekatan kontekstual pada kelas VI SD Negeri 008 Nongsa, dengan jumlah siswa sebanyak 37 anak mengalami peningkatan hasil belajar Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 60,81, siklus I 71,49 dan pada siklus II naik menjadi 84,59. Hal yang sama terjadi pada peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai batas tuntas minimal (>75) yaitu sebelum tindakan 12 peserta didik (32,43%), yang tuntas pada siklus I sebanyak 24 peserta didik (64,86%) dan pada siklus II meningkat menjadi 31 peserta didik (83,78%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa Kelas VI SD Negeri 008 Nongsa tahun pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2021