Kemampuan multi representasi matematis siswa berperan penting dalam pembelajaran matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving terhadap kemampuan multire presentasi matematis siswa, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal, dan aktivitas belajar siswa menggunakan model Creative Problem Solving pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 12 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 12 Singkawang yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 84 siswa.Sampel diambil dengan teknik purposive sampling.Adapun jumlahnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukkan:1)  adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis siswa pada kelas yang menggunakan model Creative Problem Solving dan yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2)  Hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis secara signifikan pada kelas yang diajarkan dengan model Creative Problem Solving dan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 3) analisis ketuntasan individual dan ketuntasan belajar siswa mencapai nilai KKM; 4) analisis lembar obsservasi aktivitas belajar siswa menunjukkan aktivitas belajar siswa secara keseluruhan tergolong aktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021