Journal of Educational Review and Research
Vol 4, No 1 (2021): VOLUME 4 NUMBER 1 JULY 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X MIPA

Sari Asih (STKIP SINGKAWANG)
Resy Nirawati (Unknown)
Nurhayati Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLTV. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Sampel diambil menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas XMIPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi  matematis, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket kemandirian belajar siswa. Tes layak digunakan karena telah melalui pengujian validitas, reliabilitas sebesar r11 = 0,57 , daya pembeda dan indeks kesukaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis setelah diberikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan diperoleh t hitung t tabel(5,69 1,671). Aktivitas belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining memperoleh hasil rata-rata persentase seluruh pertemuan sebesar 81,25% termasuk dalam kriteria. Hasil rata – rata kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining sebesar 44,73 dengan kategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...