Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 1 (2021): MAY

Identifikasi Kualitas Guru Matematika dalam Pembelajaran Daring SMK

Fadhilah Rahmawati (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tidar)
Detta Ramadhania Putrie (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tidar)
Joko Ibrahim (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tidar)
Ichda Aulia Farda (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tidar)
Desemtika Audry (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tidar)
Anisa Bela Arsita (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan sekolah harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Maka dari itu peneliti ingin mengidentifikasi kualitas guru matematika dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Magelang terhadap guru matematika dan siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Instrumen yang digunakan merupakan angket atau kuesioner berisi pertanyaan yang dapat mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas guru matematika dalam pembelajaran daring di SMKN 1 Magelang sudah cukup baik. Hal ini didukung dari aspek penelitian yang hampir semuanya terpenuhi, diantaranya aspek pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Dengan terpenuhinya standar kompetensi guru, menandakan bahwa kualitas guru matematika SMKN 1 Magelang sudah cukup baik. Hal ini juga didukung dari hasil yang didapat, bahwa siswa merasa cukup memahami materi yang disampaikan oleh para guru secara daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...