Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN PILIHAN KARIR DI BIDANG KEPENDIDIKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP

Resty Mutia Anggraini (restymutiaanggraini)
Azwar Inra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa kebingungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP, khususnya Angkatan 2016 terhadap karir yang akan mereka pilih setelah lulus kuliah. Hal tersebut terjadi diduga dikarenakan oleh kurangnya pengetahuan terhadap diri sendiri atau tentang tipe kepribadian mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara tipe kepribadian dengan pilihan karir di bidang kependidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang pada bulan November 2020. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP Angkatan 2016 sebanyak 62 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran angket penelitian berupa link yang telah dibuat pada google chrome yang kemudian dikirim lewat whatsApp. Data diperiksa terlebih dahulu sebelum diolah dengan SPSS 17.0. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka didapat kesimpulan pada pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian dengan pilihan karir di bidang kependidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung ˂ ttabel yaitu 0,3752 ˂ 1,676, dengan tingkat hubungan yang sangat rendah yaitu dengan nilai r = - 0,053.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...