Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Fitri Mala Efendi (universitas negeri padang)
Juniman Silalahi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari penggunaan model Blended Learning terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak siswa SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dan rancangan untuk penelitian digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa DPIB 1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa DPIB 3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa kemudian diberikan post-test untuk mengukur pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan. Lalu, dilaksanakannujinpersyaratannanalisissmenggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, serta untuk uji hipotesis digunakan statistik parametris dengan uji t-test. Hasil yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan thitung 3,923 > ttabel dengan taraf signifikansi 5% = 2,045, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model Blended Learning dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak di kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...