Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari penggunaan model Blended Learning terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak siswa SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dan rancangan untuk penelitian digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa DPIB 1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa DPIB 3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa kemudian diberikan post-test untuk mengukur pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan. Lalu, dilaksanakannujinpersyaratannanalisissmenggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, serta untuk uji hipotesis digunakan statistik parametris dengan uji t-test. Hasil yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan thitung 3,923 > ttabel dengan taraf signifikansi 5% = 2,045, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model Blended Learning dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak di kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.
Copyrights © 2021