Journal of Informatics and Vocational Education
Vol 3, No 3 (2020): Journal of Informatics and Vocational Education

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS ONLINE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN

Fadilla Risky Putri (Unknown)
Dwi Maryono (Unknown)
Endar Suprih Wihidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas  penerapan model pembelajaran  Student Team Achievement Division (STAD) berbasis online ditinjau dari hasil belajar dan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia II SMK N 6 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimental design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini pre-test dan post-test control design. Pengumpulan data melalui penyebaran angket kedisiplinan belajar dan hasil belajar. Berdasarkan data penelitian, dapat diketahui bahwa hasil dari uji t sampel berpasangan data skor tes hasil belajar kelas XI Multimedia II nilai sig yaitu 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis online berpengaruh meningkatkan hasil belajar. Hasil dari uji t sampel berpasangan data skor tes kedisiplinan belajar kelas XI Multimedia II nilai sig yaitu 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis online berpengaruh meningkatkan kedisiplinan belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joive

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

JOIVE is a peer-reviewed journal providing a forum for presenting the latest original research results and developments in the fields of informatics and applied computer science education. The journal promotes discussion among researchers, students, and practitioners in informatics and practical ...