JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 14, No 1 (2021): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA

Denta Ayu Meilany (Unknown)
Endar Suprih Wihidayat (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, FKIP UNS)
Yusfia Hafid Aristyagama (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, FKIP UNS)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMK N 5 Surakarta pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Siswa yang menyelesaikan tugas tepat waktu hanya 8 orang (24,24%), siswa yang berani bertanya saat pembelajaran hanya 3 orang (9,09%), siswa yang fokus saat pembelajaran hanya 10 orang (30,30%). Sedangkan untuk hasil belajar terdapat 11 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan 25 siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan kedua masalah  tersebut, penelitian ini bertujuan menjawab: (1) apakah dengan mengganti media pembelajaran yang digunakan dengan prezi dapat meningkatkan minat belajar siswa, (2) apakah dengan mengganti media pembelajaran yang digunakan dengan prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, akan dilaksanakan penelitian dengan desain quasi experimental dengan model nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan seluruh siswakelas X RPLyang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas experiment dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur minat dan tes untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan  yaitu uji  keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan (1) rata-rata minat belajar kelas eksperimen meningkat 7,31% dan rata-rata Ngain 0,56 dengan kategori sedang pada penggunaan prezi terhadap minat belajar; (2) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen juga meningkat 21,2% dan rata-rata Ngain 0,52 dengan kategori sedang pada penggunaan media prezi terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...