JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 14, No 1 (2021): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

RANCANG BANGUN ALARM FOKUS UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KONSENTRASI SISWA SAAT BELAJAR

Deny Nusyirwan (Unknown)
Muhammad Aris Akbar (Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH))
Prasetya Perwira Putra Perdana (Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH))



Article Info

Publish Date
15 Jan 2021

Abstract

Konsentrasi sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran agar kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai dan tercapai dengan baik. Pentingnya konsentrasi bagi siswa merupakan proses bagi siswa untuk dapat belajar dan berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Dari hasil observasi didaptkan permasalahan utama yang dapat mengganggu konsenstrasi siswa ketika sedang belajar didalam kelas, yaitu siswa ribut atau berbicara dengan rekannya ketika guru menerangkan pelajaran. Dengan latar belakang tersebut diperlukan sebuah inovasi yang berbasiskan teknologi mikrokontroler yang dinamakan Alarm Fokus. Alarm akan berbunyi ketika guru menekan saklar tekan sehingga siswa akan kembali konsentrasi pada pelajaran. Penelitian ini memanfaatkan design thinking dengan pendekatan proses desain rekayasa konsep Double Diamond yang diperkenalkan oleh British Design Council. Dimulai dengan etnografi di SDN 003 Binaan Tanjungpinang Kota, observasi dan wawancara dengan siswa, brainstorming terhadap permasalahan-permasalahan yang ditemukan di sekolah, dan berdiskusi untuk menentukan permasalahan utama. Dari hasil uji fungsi dan pengujian kegunaan menunjukkan bahwa purwarupa yang dihasilkan dapat berfugsi dengan baik dan calon pengguna juga memberikan tanggapan yang memuaskan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...