Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 9 No. 4 (2020): DIDAKTIKA November 2020

Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo

Ni'mah Ni'mah (MTs Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode Inquiry Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C di MTsN Palopo tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah keseluhan 28 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Tes yang digunakan merupakan cakupan dari seluruh kompetensi yang harus diketahui dan dimiliki seorang siswa pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terjadi peningkatan rentang nilai (skor perolehan) prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada siklus I 40 – 80 (rerata termasuk dalam kategori Cukup baik), menjadi 80 – 100 (kategori sangat baik) pada siklus II pada siswa kelas VII C MTsN Palopo. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry Based Learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di kelas VII C MTsN Palopo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...