Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 8 No. 1 (2019): DIDAKTIKA Februari 2019

Tingkat Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Tersertifikasi

Masding Masding (Universitas Pejuang Republik Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang tingkat profesionalisme guru SD yang telah tersertifikasi di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar; memperoleh informasi tentang pengembangan profesionalisme berkelanjutan bagi guru SD tersertifikasi dalam di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar; memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peningkatan profesionalisme guru SD tersertifikasi di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar dan beberapa sekolah dalam wilayah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian dilaksankaan selama tiga bulan yaitu dimulai bulan November 2014 sampai bulan Januari 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD tersertifikasi di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar yang berjumlah 223 orang, dan sampel berjumlah 69 orang guru SD tersertifikasi. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi (data primer dan data sekunder). Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan mendeskripsikan dan mencari atau menghitung persen setiap peningkatan profesionalisme guru SD tersertifikasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...