Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 8 No. 1 (2019): DIDAKTIKA Februari 2019

Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Nurhamsih Nurhamsih (IAIN Palopo)
Firman Firman (IAIN Palopo)
Mirnawati Mirnawati (IAIN Palopo)
Sukirman Sukirman (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini secara umum untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan hasil hasil belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri 6 Bogar Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II b SD Negeri 6 Bogar Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Model Picture and Picture hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Pada siswa kelas IIb SD Negeri 6 Bogar Palopo, diperoleh bahwa rata rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 63,6 termasuk dalam kategori kurang dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 6 siswa dengan peresentase 24 % , dan hasil belajar pada siklus II rata rata diperoleh 78 termasuk dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang tuntas 22 dengan persentase sekitar 88%, sedangkan hasil belajar siswa khususnya menulis pada siswa kelas IIb SDN 6 Bogar Palopo diperoleh rata-rata pada siklus I adalah sebesar 66,2 dengan jumlah siswa yang tuntas persentase 32%, dan hasil belajar pada siklus II diperoleh 81,8 termasuk dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang tuntas 23 dengan persentase sekitar 92%, disamping itu aktifitas siswa dan aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir baik dari siklus I maupun siklus II. Penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas II SD Negeri 6 Bogar Palopo dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...