Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 10 No. 1 (2021): DIDAKTIKA Februari 2021

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Project Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika

Hasri Hasri (MTs Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Project based learning sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang digukana guru di kelas dengan berbasis kegiatan kerja proyek. Pendekatan pembelajaran berbasis kerja proyek merupakan bentuk pembelajaran yang memuat tugas-tugas kompleks yang mengacu pada pertayaan dan permasalah yang menantan dan menuntun siswa merancang, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi, dan mendorong siswa untuk berbuat lebih mandiri. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MTsN Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Palopo sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode project based learning pada siklus I masih dalam ketegori rendah dengan skor terbanyak antara 40-54 atau sekita 75% dari skor ideal 100. Panguasaan siswa pada tahap siklus II sudah menunjukkan kategori sedang dengan skor terbanyak 75-89 atau sekitar 76% dari skor ideal 100. Sehingga antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pretasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran project based learning mengalami peningkatan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...