Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa dengan menggunakan model membaca total. Pentingnya meningkatkan minat baca siswa agar siswa mampu melakukan aktivitas belajar dengan baik. Model membaca total diharapkan mampu untuk mengukur keefektifan minat membaca siswa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk keefektifan ketika menggunakan model membaca total dan tidak menggunakan model membaca total. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model membaca total terhadap minat baca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi experimental design atau ekperimen semu. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dengan sumber data yakni dalam melakukan penelitian, peneliti memberikan perhatian penuh terhadap perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen perlakukan yang dimaksud yaitu model membaca total. Data tersebut dikumpulkan dengan mengikuti prosedur: tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil minat baca peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model membaca total dengan hasil minat baca peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran Discovery. Sehingga penarikan kesimpulannya sama dengan uji-t.
Copyrights © 2021