Aspekyangmendukungkualitaspendidikandiindonesiasalahsatunyaadalah kompetensiguru,yaitukompetensipedagogik,profesional,kepribadian,dansosial.Guruadalahpendidikprofesionaldengantugasutamamendidik,mengajar, membimbing,mengarahkan,melatih,menilai,danmengevaluasipesertadidik.Berdasarkan data hasil uji kompetensi kualitas guru masih rendah karena Indonesia masihbelummemenuhikriteriastandarminimalyangtelahditentukanoleh pemerintah. Maka melihat hal tersebut diperlukan adanya peningkatan kualitas guru dengancarameningkatkankompetensiprofesional,pedagogik,dansosial,salahsatu caranyaadalahdenganmenggunakanstrategilessonstudy.Penelitianinidiharapkan dapatmeningkatkankompetensiprofesional,pedagogik,dansosialguru.Metode penelitianinimenggunakanmetodekuantitatiftipeeksperimensemu,sedangkan teknikpengambilansampeldengancaratekniksimplerandomsampling,yakni mengambildaripopulasisecaraacaktanpamemperhatikanstratadalampopulasi. HasilpenelitianmembuktikanbahwaLessonStudyberpengaruhterhadapkompetensiguru,dibuktikandenganhasilujipairedsampletestmenggunakanspss,terdapat perbedaanrata-ratapadanilaipretestdanpostest.JadiLessonStudydapatdijadikan salahsatualternatifpembinaangurudalampeningkatankompetensiprofesional,pedagogik, dan sosial guru.Kata Kunci: Lesson Study ; Kompetensi Profesional;pedagogik;sosial
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021