Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)

ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS

Natalia Sitanggang (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Hamidah Lukman (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Novi Andri Nurcahyono (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitataif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 35 siswa kemudian dipilih 3 siswa dengan teknik purpose sampling yang dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kemampuan pemecahan masalah tinggi, kemampuan memecahan masalah sedang, dan kemampuan pemecahan masalah rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal HOTS dan pedoman wawancara. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah mencapai level unistructural. Siswa memahami masalah secara terbatas dan melakukan penyelesaian terbatas berdasarkan sepenggal informasi sehingga kesimpulan yang diperoleh kurang tepat. Siswa dengan kemampuan sedang mencapai level multistructural. Siswa memahami masalah dan dapat merencanakan dan memilih strategi penyelesaian dengan menggunakan rumus Pythagoras, keliling dan luas layang-layang. Siswa juga melakukan penyelesaian namun siswa tidak dapat menghubungkan antara konsep matematika yang digunakan dengan informasi yang ada sehingga siswa tidak dapat menarik kesimpulan yang tepat. Siswa dengan kemampuan tinggi mencapai level relasional. Siswa memahami masalah masalah dan merencanakan serta meilih strategi penyelesaian. Siswa melakuka perhitungan dengan mengaitkan konsep matematika dengan informasi yang ada sehingga memperoleh kesimpulan yang tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

peka

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. ...