DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2020): DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam

Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar

Wahid Khoirul Anam (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Mubarok Bandar Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada siswa Madrasah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Subjek penelitian adalah Siswa Madrasah Aliyah Al- Mubarok Uman Agung jumlah sampel 80 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar, dimana rxy = 0,555; p = 0,000 ( p < 0,050 ). Hasil penelitian menunjukkan siswa Madrasah Aliyah Al-Mubarok Uman Agung memiliki kecerdasan emosional yang tergolong tinggi, sebab nilai rata-rata empirik 97,354 selisihnya dengan nilai rata-rata hipotetik 77,5 melebihi bilangan SD atau SB sebesar 8,184, sedangkan motivasi belajar siswa tergolong tinggi sebab nilai rata-rata empiric 135,658 selisihnya dengan nilai rata-rata hipotetik 110 melebihi bilangan SD atau SB sebesar 11,613.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

DIMAR

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AlMubarok yang terbit pada bulan Juni dan Desember. Editor dapat menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil analisis pemikiran yang sesuai dengan pendidikan agama islam, ...