Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2020)

PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI MTS SUNAN KALIJAGA LARANGAN LUAR PAMEKASAN

Subhan, Moh (Unknown)
Ghofur, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan menggunakan metode pembelajaran yang tidak membosankan dan membuat siswa lebih memahami dalam pembelajaran bahasa Indonesia, diantaranya menggunakan penerapan Cooperative Learning tipe Jigsaw. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian, yaitu:pertama, penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; kedua, kelebihan dariĀ  penerapan Cooperative learning tipe Jigsaw; dan ketiga, kendala yang dihadapi dari penerapan Cooperative Learning tipe Jigsawpada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Larangan Luar Pamekasan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan sumber datanya yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dengan menggunakan metode ini menunjukkan siswa lebih aktif dan antusias untuk berdiskusi dalam pelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...